PEMROGRAMAN
NIM
: 1605551115
Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media
Dosen
: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
PEMROGRAMAN
Seperti yang kita tahu, pemrograman merupakan hal yang harus
dikuasai oleh seorang programmer. Pemrograman sangat penting apabila kita akan
membuat suatu software atau web. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang
pemrograman.
Pemrograman.
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug),
dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis
dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat
suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai
dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan
keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak
kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau
lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa
pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa
pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya
pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Pemrograman
Kompetitif
Pemrograman adalah bahan yang digunakan di berbagai
kompetisi komputer di Indonesia maupun dunia. Di tingkat SMA, contohnya,
pemrograman dipertandingkan dalam Olimpiade Sains Nasional setiap tahun.
Ketigapuluh peraih medali di Olimpiade Sains Nasional ini kemudian menjadi Tim
Olimpiade Komputer Indonesia, dan menempuh Pelatihan Nasional yang menyeleksi
empat orang wakil untuk mengikuti Olimpiade Sains Internasional bidang Informatika
(International Olympiad in Informatics) yang diadakan setiap tahun.
Sejarah Pemrograman
Pada
tahun 1822, Charles Babbage seorang mahasiswa di Universitas Cambridge Inggris
mengembangkan sebuah mesin untuk mengelola data-data agar mudah digunakan,
mesin tersebut diberi nama ‘Difference Enggine’.
Difference Enggine
Setelah
bekerja selama 10 tahun pada mesinnya, Charles Babbage menyadari bahwa mesin
yang dia ciptakan ini merupakan sebuah mesin yang bersifat single-purpose
machine artinya hanya bisa menghasilkan satu jenis keluaran (output).
Selanjutnya ia mengembangkan mesin lain yang bersifat multi-purpose. Mesin ini
diberi nama ‘Analytical Engine’. Pekerjaan untuk membuat ‘Analytical
Engine’ ini ia lakukan sampai dengan tahun 1842.
Analytical Enggine
Pada
tahun 1847, Charles Babbage kembali menyempurnakan ‘Difference Engine’
hingga pada tahun 1849 ia berhasil membuat versi keduanya. Pekerjaan
menyempurnakan hasil-hasil karyanya terus ia lakukan, bahkan dilanjutkan oleh
anaknya, Henry Prevost. Charles Babbage sendiri meninggal pada tahun 1871.
Untuk melindungi karya-karya ayahnya, Henry Prevost membuat beberapa kopian
unit perhitungan aritmatika sederhana dari mesin yang dihasilkan ayahnya dan
mengirimkannya ke beberapa institusi di dunia, termasuk ke Universitas Harvard.
Perkembangan
dunia komputasi berlanjut pada tahun 1854, ketika seseorang bernama Charles
Boole berhasil menciptakan sebuah sistem logika simbolik yang diberinama Logika
Boole. Sistem ini mencakup pula logika untuk menyatakan hubungan lebih besar,
lebih kecil, sama dengan dan tidak sama dengan. Sistem logika ini masih
digunakan sampai dengan saat ini.
Pada
tahun 1890, Amerika Serikat ingin melakukan sensus penduduk. Namun kendala yang
muncul adalah keterbatasan alat yang ada pada waktu itu, mengingat jumlah
penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya, maka diadakanlah sebuah
kompetisi komputasi untuk mencari solusinya. Kompetisi ini dimenangkan oleh
Herman Hollerith, yang akhirnya ia mendirikan sebuah perusahaan Hollerith
Tabulating, Co. yang akhirnya berubah nama menjadi CTR (Calculating Tabulating
Recording Company) setelah 3 perusahan lain ikut bergabung. Sepuluh tahun
berikutnya perusahaan ini berganti nama lagi menjadi IBM (International
Business Machine) hingga saat ini.
Selanjutnya
perkembangan komputasi digital mulai berjalan pelan dan jarang digunakan dalam
dunia bisnis sampai dengan pertengahan tahun 1920-an. Hingga pada tahun 1925,
MIT (Massachusette Institute of Technology) mengembangkan sebuah mesin yang
mampu menganalisis perhitungan differensiasi dan integrasi. Mesin yang didanai
oleh Yayasan Rockefeller ini dapat dikatakan sebagai komputer terbesar di dunia
pada tahun 1930.
Pada
tahun 1935, seorang ilmuan Jerman bernama Konrad Zuse mengembangkan komputer
Z-1, komputer inilah yang menjadi awal mula diterapkannya sistem biner dalam
kinerjanya. Selain itu, Zuse juga berjasa dalam komputasi komputer digital
ketika ia menciptakan bahasa pemrograman komputer pertama ‘Plankalkul’.
Pada
tahun 1945, terjadi pula peristiwa penting dalam sejarah perkembangan komputasi
komputer digital yaitu ketika terjadi kerusakan pada mesin Mark II yang ada di
Universitas Harvard. Seseorang yang bernama Grace Murray Hopper yang mengetahui
hal ini langsung menyelidiki sebab kerusakannya. Akhirnya dia menemukan seekor
ngengat yang terjebak dalam mesin tersebut. Dalam catatan hariannya, Hopper
menuliskan: “First actual case of bug being found”. Dia menyebut ngengat ini
sebagai sebuah kutu busuk (bug), selanjutnya kata ‘bug’ ini sering
digunakan untuk menunjukkan adanya ketidakberesan dalam program. Dari kata
‘bug’ ini muncul pula istilah ‘debugging’ yang artinya proses pembetulan
kesalahan program.
Pada
tahun 1954, IBM mulai mengembangkan bahasa pemrograman FORTRAN (FORmula
TRANslator). Bahasa FORTRAN merupakan bahasa pemrograman level tinggi pertama
yang dikomersialkan. Pemrograman level tinggi maksudnya adalah perintah atau
kodenya mudah dibaca dan dipahami oleh manusia.
Pada
tahun 1958, FORTRAN II dan ALGOL dipublikasikan bersamaan dengan diluncurkannya
LISP. Sedangkan pada tahun 1959, bahasa pemrograman COBOL juga diluncurkan.
Sejak saat itu perkembangan bahasa pemrograman berkembang sangat cepat.
Pada
tahun 1970, bahasa PASCAL mulai dipublikasikan dan hingga saat ini masih banyak
digunakan untuk keperluan pendidikan. Selain itu muncul pula dua bahasa
pemrograman yang dianggap sangat penting yaitu SMALLTALK dan B-Languange.
SMALLTALK penting karena merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang
pertama. Sedangkan B-Languange dikatakan penting karena merupakan cikal bakal
munculnya bahasa C. Dengan bahasa C, pemrograman akan lebih mudah, efisien, dan
fleksibel.
Pada
tahun 1975, Dr. Wong merilis bahasa pemrograman hasil ciptaannya bernama
TinyBASIC. TinyBASIC merupakan bahasa pemrograman pertama yang bersifat free
alias tidak membayar dalam penggunaannya. Pada tahun yang sama, Bill Gates dan
Paul Allen juga membuat bahasa pemrograman yang diberi nama BASIC. BASIC ini
selanjutnya mereka jual ke MIT.
Bahasa
pemrograman terus berkembang demikian pesat hingga saat ini. Hal ini ditandai
dengan semakin banyaknya bahasa pemrograman yang bermunculan.
Bahasa
pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan
bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar
untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari
aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data
mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan,
dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut
tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
- Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
- Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
- Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
- Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa
Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah
dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Contoh
Bahasa Pemrograman
PHP
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext
Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk
penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan
bersamaan dengan HTML.
Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home
Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada
tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang
wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir
dari web.
Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum
dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber
terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter
PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga
modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis
ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat.
Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP
dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi
akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP
baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang
paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan
kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki
kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti
dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model
pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa
pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
Versi terbaru dari bahasa pemograman
PHP adalah versi 5.6.4 yang resmi dirilis pada tanggal 18 Desember 2014.
Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna
dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python
diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan
sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka
standar yang besar serta komprehensif.
Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di
CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terakhir
yang dikeluarkan CWI adalah 1.2.
Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan
pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. Tahun 2000,
Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen.com yang merupakan
sebuah perusahaan komersial dan membentuk BeOpen PythonLabs. Python 2.0
dikeluarkan oleh BeOpen. Setelah mengeluarkan Python 2.0, Guido dan beberapa
anggota tim PythonLabs pindah ke DigitalCreations.
Saat ini pengembangan Python terus dilakukan oleh sekumpulan
pemrogram yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Python
Software Foundation adalah sebuah organisasi non-profit yang dibentuk sebagai
pemegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1 dan dengan demikian
mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. Saat ini distribusi
Python sudah mencapai versi 2.6.1 dan versi 3.0.
Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa
ciptaannya karena kecintaan Guido pada acara televisi Monty Python's Flying
Circus. Oleh karena itu seringkali ungkapan-ungkapan khas dari acara tersebut
seringkali muncul dalam korespondensi antar pengguna Python.
HTML
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa
markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai
informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks
sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan
tampilan wujud yang terintegerasi.
Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan
juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir)
mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam
membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem
markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis
jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama,
Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam
sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN.
Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar "beberapa dari banyak
daerah yang menggunakan hypertext" dan pertama-tama menempatkan sebuah
ensiklopedia.
Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah
sebuah dokumen yang disebut "Tanda HTML", pertama kali disebutkan di
Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18
elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink,
yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup
Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada
di HTML 4.
HTML adalah bahasa markah yang
digunakan peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya
ke dalam halaman web secara visual maupun suara. Karakteristik dasar untuk
setiap item dari markah HTML didefinisikan di dalam peramban, dan karakteristik
ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web
desainer CSS. Banyak elemen teks ditemukan di laporan teknis ISO pada tahun
1988 TR 9537 Teknik untuk menggunakan SGML, yang pada gilirannya
meliputi fitur bahasa format teks awal seperti yang digunakan oleh komandan RUNOFF
dikembangkan pada awal 1960-an untuk sistem operasi: perintah-perintah format
ini berasal dari perintah yang digunakan oleh pengetik untuk memformat dokumen
CTSS secara manual. Namun, konsep SGML dari markah umum didasarkan pada
unsur-unsur daripada hanya efek cetak, dengan pemisahan struktur dan markah
juga; HTML telah semakin bergerak ke arah ini dengan CSS.
AJAX
Asynchronous JavaScript and XMLHTTP, atau disingkat AJaX,
adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web
interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada
komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang
layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap
kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan
interaktivitas, kecepatan, dan usability.
Ajax mulai trend atau popular
digunakan pada tahun 2005, yang merupakan pengembangan dari teknologi iFrame
Elemen pada browser Internet Explorer (IE) yang dibuat oleh Microsoft. Kemudian
Microsoft mengembangkan teknologi Remote Script pada tahun 2008, kemudian
dilanjutkan dengan pengembangan ActiveX di IE versi 5.0 sebagai pengganti Java
Applet pada tahun 1999. Kemudian Mozilla dan Safari mengikuti teknologi ini.
Pada akhirnya World Wide Web Consorsium (W3C) memutuskan pada tanggal 5 April
2006 menjadi standart pengembangan web.
Java
Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di
berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman
ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun
Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena
salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang
langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal
dari pulau Jawa di Indonesia.
Java menjadi salah satu bahasa
pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki
beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang
berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP
(pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun
program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library
yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan
era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam
smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga
programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak
dibutuhkan.
C
Bahasa C ini termasuk bahasa
pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C ini dikembangkan dari
sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie. Bahasa C menjadi
bahasa pemrograman yang populer di Indonesia karena hampir sebagian besar
perguruan tinggi jurusan IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan
bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman
yang lain. Bukan tanpa sebab bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari
bahasa pemrograman yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan
"bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain
sebagainya.
Visual Basic
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan
oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan
software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat
software-software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri adalah
keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.
Sebuah survey pada tahun 2005 menunjukan 62% developer
software menggunakan Visual Basic dalam pengembangan software nya, sehingga hal
tersebut menjadikan VisualBasic sebagai salah satu bahasa pemrograman yang
populer. Di Indonesia sendiri terdapat grup Visual Basic Indonesia yang telah
memiliki 22 ribu member lebih.
C++
C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C.
C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua
bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada
bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub
masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural,
sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam
class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.
C++ ini menjadi bahasa pemrograman
yang populer karena banyak juga perusahaan-perusahaan software besar yang
menggunakan bahasa ini untuk membangun software nya seperti Adobe, Firefox,
ataupun Winamp yang sekarang pengembanganya di hentikan.
Java
Script
JavaScript adalah bahasa pemrograma yang dikembangkan oleh
Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan
web. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik.
Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang JavaScript
ini dengan nama JavaScript Indonesia. Grup yang beranggotakan lebih dari 10
ribu orang ini masih aktif sampai sekarang.
C#
C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh
Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan
untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.
Objective-C
Objective-C
adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini
digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple,
bahkan sistem operasi iOS pun dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman
Objective-C ini.
ActionScript
ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat
berdasarkan ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan
perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga
dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini
awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan
perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.
Action Script terbaru saat ini adalah Action Script 3.0.
Action Script 3.0 adalah bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya dikenal
dengan Action Script 2.0. Action Script 3.0 memiliki beberapa kelebihan
dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan adalah file pada
Action Script 3.0 dapat dibuat terpisah saat runtime.
Di indonesia ActionScript ini menjadi populer karena
banyaknya developer berbasis Flash yang tentu saja menggunakan ActionScript
untuk keperluan koding. Di Facebook juga terdapat grup ACTIONSCRIPT Indonesia
yang masih aktif hingga sekarang. Grup ini memiliki 1000 lebih anggota.
Referensi
:
Wikipedia
Pemrograman
pdf
Sejarah
pemrograman pdf
Komentar
Posting Komentar