Mengenal Bisnis Pada Sosial Media Dan Sosial Network
Nama
: I Kadek Owen Nirvana Kaskora
Jurusan Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas
Udayana
NIM
: 1605551115
Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media
Dosen
: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Mengenal
Bisnis Pada Sosial Media Dan Sosial Network
Kemajuan Teknologi Informasi
terutama pada bidang software, hardware dan jaringan komputer
telah mengakibatkan perubahan pola hidup manusia dewasa ini. Salah satunya
adalah pada bidang bisnis dimana manusia mulai meninggalkan sisi konvensional
(tatap muka secara langsung dan pembayaran langsung) kemudian beralih ke proses
jual beli secara online serta pembayaran elektronik digital.
Seperti pada artikel-artikel saya
sebelumnya, telah dijabarkan manfaat dari social media dan social network,
diantaranya adalah untuk berbisni. Pada artikel sya kali ini saya akan
menjabarkan beberapa layanan dan aplikasi social edia dan social network yang
umum digunakan di Indonesia.
1.
Over The Top (OTT)
OTT merupakan sebuah aplikasi atau
layanan di sebuah jaringan komputer khususnya internet yang terdapat pada
application layer teratas di 5 layer TCP/IP forozan yang kekuatan utamanya
yaitu konten berupa audia, video, text dan multimedia. Berdasarkan konten dari
OTT , OTT dibagi menjadi 3 yaitu :
·
Streaming audio dan video
Kategori aplikasi OTT ini lebih
menekankan ke layanan streaming file audio dan video secara online. Pengguna
dapat mengakses fitur streaming ini melalui desktop maupun mobile. Salah satu
contoh aplikasi kategori ini yang terkenal adalah Youtube, Snapchat, Joox,
Soundcloud, Bigo Live, Smule, dan sebagainya.
·
Social media dan social network
Kategori ini menekankan pada layanan
jejaring sosial dan media sosial. Pada layanan ini, pengguna dapat saling
berinteraksi, bertukar data dan informasi di dalamnya. Saat ini banyak layanan
Social Network dan Social Media yang berbasis OTT dan dapat diinstall di
platform mobile maupun desktop. Contoh aplikasinya adalah : Facebook, Twitter,
Instagram, Kaskus, dll.
·
Komunikasi (Text, Audio, Video)
Kategori Komunikasi merupakan
kategori yang menekankan kepada jenis layanan teks, audio, dan video secara
online. Contoh dari ketagori komunikasi yaitu, Line, WeChat, Whatsapp,
Telegram, KaKao Talk, dan masih banyak contoh lain dari kategori ini.
Berdasarkan pada kategori bisnis,
OTT dapat dibagi sebagai berikut :
·
Iklan
Iklan disini dapat dicontohkan
ketika kita membuka suatu situs, contohnya YouTube dan disana terdapat iklan.
Jadi, sebelum kita menikmati tayangan pada YouTube tersebut, iklan akan play
secara otomatis terlebih dahulu, atau iklan tersebut berada sekitar halaman
YouTube tersebut. Iklan disini bisa berasal dari suatu perusahaan, pemerintah,
bahkan dari layanannya sendiri.
·
Kerjasama dengan Telco/Provider
Contohnya adalah, Telkomsel menyediakan
layanan Facebook gratis tanpa kuota pada penggunanya. Dalam hal ini Telkomsel
telah bekerjasama dengan aplikasi atau layanan Facebook.
·
Kerjasama dengan perusahaan lain (Non Telco)
Contohnya saat menggunakan Line,
kita akan mendapatkan bebagai iklan, apakah itu makanan, pakaian ,alat
kecantikan, dan lain sebagainya.
·
Kerjasama dengan pemerintah
Di Indonesia kerjasama di bidang
bisnis dinaungi oleh Kominfo. Beberapa contoh layanan atau aplikasi yang berada
di dalam naungannya adalah Sebangsa, Qlue, dan kaskus. Layanan-layanan tersebut
merupakan buatan anak bangsa.
Sesuai apa yang dijabarkan di atas.
OTT sendiri berada diatas 5 Layer TCP/Ip dalam jaringan tersebut. Yang termasuk
dalam 5 Layer TCP/Ip Forozan adalah :
·
Application Layer
Application Layer merupakan layer
yang berada pada lapisan paling atas dari lima layer pada model forouzan yang
berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara aplikasi yang digunakan
untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan
dikirim. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah OTT, FTP, DHCP,
TELNET, DNS, SNMP.
·
Transport Layer
Transport layer berfungsi untuk
memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke
paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah
diterima. Di dalam Transport Layer terdapat dua protocol yang digunakan, yatiu
TCP (Transmission Control Protocol) dan (UDP) User
Datagram Protocol.
·
Network Layer
Network Layer memiliki fungsi
sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan menentukan path terbaik.
Internet Layer memiliki 1 protokol yaitu TCP/IP.
·
Data Link Layer
Berfungsi mendefinisikan
protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data.
Pada layer ini terdapat protokol-protok seperti ethernet pada LAN, PPP pada
WAN, dan juga Frame Relay.
·
Physical Layer
Physical layer merupakan lapisan
paling bawah/dasar pada model forouzan ini. Physical layer ini berfungsi untuk
mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit,
arsitektur jaringan (Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan
pengabelan. Selain itu, layer ini juga mendefinisikan bagaimana Network
Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.
Teknologi pada OTT (Over The
Top)
Dalam OTT (Over The Top) terdapat
teknologi yang terkandung di dalamnya, yaitu Mobile Programming, Mobile
Computing, Cloud Computing, Computer Security, dan Computer Network.
Berikut adalah penjelasan dari kelima teknologi tersebut :
·
Mobile Programing
Mobile Programing adalah pemrograman
yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat
dengan menggunakan Java. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman
untuk peralatan mobile adalah kendala dalam hal sumber daya, seperti memori,
ukuran layar, CPU, penyimpanan, dan cara menginputkan data. Contoh bahasa
pemrograman yang terdapat dalam mobile programing yaitu : J2ME, C++, Objective
C, C#, Javafx, dan PHP.
·
Mobile Computing
Mobile Computing adalah sebuah
teknologi dalam bentuk perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software),
dan Embedded System (sistem benam), yang memungkikan para pengguna komputer
untuk dapat mengakses data dan informasi serta pengolahan di dalamnya (proses
Insert, Delete, Update, View) kapanpun dan di manapun berbasiskan
internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network
(jaringan komputer tanpa kabel).
·
Cloud Computing
Cloud Computing (Komputasi awan)
adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan
berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet,
sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
·
Computer Security
Keamanan komputer atau dalam Bahasa
Inggris computer security atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau
IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan
jaringannya. Computer security atau keamanan komputer bertujuan membantu user
agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah
sistem yang berbasis informasi. Informasinya sendiri memiliki arti non fisik.
·
Computer Network
Computer network atau jaringan
komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar
komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar
dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta
dan memberikan layanan (service).
2.
E – Commerce dan M – Commerce :
·
E – Commerce
E-Commerce didefinisikan sebagai
teransaksi jual beli yang dilakukan secara digital yang melibatkan dua orang
dengan jaringan komputer khususnya internet.
·
M – Commerce
M-Commerce adalah bentuk evolusi
dari E-Commerce yang diakibatkan perkembangan jaringan komputer dan
perkembangan perangkat mobile.
Teknologi yang digunakan dalam
penggunakan E-commerce dan M-commerce, yaitu :
·
Android/ iOS/ Windows Phone/ BlackBerry
Android, iOS, Windows Phone,
BlackBerry merupakan system operasi pada semua mobile phone yang ada
pada saat ini. Masing- masing dari sistem ini memiliki kelebihan dan
kekurangan. Namun pada dasarnya sistem ini banyak membantu penggunanya dalam
melakukan kegiatannya setiap hari. Contohnya dalam transaksi jual beli secara online.
·
Net Field Communication (NFC)
Net Field Communication (NFC) adalah
teknologi komunikasi nirkontrak yang menggunakan gelombang radio dengan cara menyentuhkan
atau mendekatkan objek yang terkait dalam jarak dekat. NFC bisa digunakan
sebagai saranan pembayaran yang mobile menggantikan kartu-kartu.
·
Cloud Computing
Cloud Computing (Komputasi awan)
adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan
berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet,
sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
Pengguna E – Commerce dan M –
Commerce.
Pengguna E – Commerce dan M –
Commerce dibedakan menjadi 2 bagian yaitu perorangan dan corporate,
penjelasannya adalah :
·
Perorangan
Contohnya adalah pengguna Line,
mereka menggunakan Line untuk melakukan bisnis online shop disana.
Selain Line, ada juga beberapa aplikasi atau layanan yang orang-orang sering
gunakan sebagai sarana bisnis mereka seperti Instagram, Facebook, dan masih
banyak lagi.
·
Corporate
Selain perorangan, ada juga
perusahaan yang membuat layanan atau aplikasi untuk mempermudah proses
transaksi jual beli, seperti Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya. Contoh
lainnya, perusahaan yang membuat akun Facebook resmi guna mempromosikan
produknya pada pengguna Facebook.
Referensi :
·
Eka Pratama. I Putu Agus. Komputer dan Masyarakat, Informatika Bandung 2014 (
Bab 6 : E-commerce).
·
Wikipedia
·
Pengertian NFC pdf
Komentar
Posting Komentar