Mengenal Bisnis Pada Sosial Media Dan Sosial Network

Nama              : I Kadek Owen Nirvana Kaskora
NIM                : 1605551115
Mata Kuliah   : Aplikasi Sosial Media
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Jurusan Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana

Mengenal Bisnis Pada Sosial Media Dan Sosial Network
  





Kemajuan Teknologi Informasi terutama pada bidang software, hardware dan jaringan komputer telah mengakibatkan perubahan pola hidup manusia dewasa ini. Salah satunya adalah pada bidang bisnis dimana manusia mulai meninggalkan sisi konvensional (tatap muka secara langsung dan pembayaran langsung) kemudian beralih ke proses jual beli secara online serta pembayaran elektronik digital.
Seperti pada artikel-artikel saya sebelumnya, telah dijabarkan manfaat dari social media dan social network, diantaranya adalah untuk berbisni. Pada artikel sya kali ini saya akan menjabarkan beberapa layanan dan aplikasi social edia dan social network yang umum digunakan di Indonesia.

1.   Over The Top (OTT)
OTT merupakan sebuah aplikasi atau layanan di sebuah jaringan komputer khususnya internet yang terdapat pada application layer teratas di 5 layer TCP/IP forozan yang kekuatan utamanya yaitu konten berupa audia, video, text dan multimedia. Berdasarkan konten dari OTT , OTT dibagi menjadi 3 yaitu :
·      Streaming audio dan video
Kategori aplikasi OTT ini lebih menekankan ke layanan streaming file audio dan video secara online. Pengguna dapat mengakses fitur streaming ini melalui desktop maupun mobile. Salah satu contoh aplikasi kategori ini yang terkenal adalah Youtube, Snapchat, Joox, Soundcloud, Bigo Live, Smule, dan sebagainya.
·      Social media dan social network
Kategori ini menekankan pada layanan jejaring sosial dan media sosial. Pada layanan ini, pengguna dapat saling berinteraksi, bertukar data dan informasi di dalamnya. Saat ini banyak layanan Social Network dan Social Media yang berbasis OTT dan dapat diinstall di platform mobile maupun desktop. Contoh aplikasinya adalah : Facebook, Twitter, Instagram, Kaskus, dll.
·      Komunikasi (Text, Audio, Video)
Kategori Komunikasi merupakan kategori yang menekankan kepada jenis layanan teks, audio, dan video secara online. Contoh dari ketagori komunikasi yaitu, Line, WeChat, Whatsapp, Telegram, KaKao Talk, dan masih banyak contoh lain dari kategori ini.

Berdasarkan pada kategori bisnis, OTT dapat dibagi sebagai berikut :

·      Iklan
Iklan disini dapat dicontohkan ketika kita membuka suatu situs, contohnya YouTube dan disana terdapat iklan. Jadi, sebelum kita menikmati tayangan pada YouTube tersebut, iklan akan play secara otomatis terlebih dahulu, atau iklan tersebut berada sekitar halaman YouTube tersebut. Iklan disini bisa berasal dari suatu perusahaan, pemerintah, bahkan dari layanannya sendiri.
·      Kerjasama dengan Telco/Provider
Contohnya adalah, Telkomsel menyediakan layanan Facebook gratis tanpa kuota pada penggunanya. Dalam hal ini Telkomsel telah bekerjasama dengan aplikasi atau layanan Facebook.
·      Kerjasama dengan perusahaan lain (Non Telco)
Contohnya saat menggunakan Line, kita akan mendapatkan bebagai iklan, apakah itu makanan, pakaian ,alat kecantikan, dan lain sebagainya.
·      Kerjasama dengan pemerintah
Di Indonesia kerjasama di bidang bisnis dinaungi oleh Kominfo. Beberapa contoh layanan atau aplikasi yang berada di dalam naungannya adalah Sebangsa, Qlue, dan kaskus. Layanan-layanan tersebut merupakan buatan anak bangsa.

Sesuai apa yang dijabarkan di atas. OTT sendiri berada diatas 5 Layer TCP/Ip dalam jaringan tersebut. Yang termasuk dalam 5 Layer TCP/Ip Forozan adalah :

·      Application Layer
Application Layer merupakan layer yang berada pada lapisan paling atas dari lima layer pada model forouzan yang berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah OTT, FTP, DHCP, TELNET, DNS, SNMP.
·      Transport Layer
Transport layer berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Di dalam Transport Layer terdapat dua protocol yang digunakan, yatiu TCP (Transmission Control Protocol) dan  (UDP) User Datagram Protocol.
·      Network Layer
Network Layer memiliki fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan menentukan path terbaik. Internet Layer memiliki 1 protokol yaitu TCP/IP.
·      Data Link Layer
Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protok seperti ethernet pada LAN, PPP pada WAN, dan juga Frame Relay.
·      Physical Layer
Physical layer merupakan lapisan paling bawah/dasar pada model forouzan ini. Physical layer ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, layer ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

Teknologi pada OTT (Over The Top)                   
Dalam OTT (Over The Top) terdapat teknologi yang terkandung di dalamnya, yaitu Mobile Programming, Mobile Computing, Cloud Computing, Computer Security, dan Computer Network. Berikut adalah penjelasan dari kelima teknologi tersebut :
·      Mobile Programing
Mobile Programing adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala dalam hal sumber daya, seperti memori, ukuran layar, CPU, penyimpanan, dan cara menginputkan data. Contoh bahasa pemrograman yang terdapat dalam mobile programing yaitu : J2ME, C++, Objective C, C#, Javafx, dan PHP.
·      Mobile Computing
Mobile Computing adalah sebuah teknologi dalam bentuk perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan Embedded System (sistem benam), yang memungkikan para pengguna komputer untuk dapat mengakses data dan informasi serta pengolahan di dalamnya (proses Insert, Delete, Update, View) kapanpun dan di manapun berbasiskan internet ataupun jaringan komputer lainnya dalam bentuk Wireless Network (jaringan komputer tanpa kabel).
·      Cloud Computing
Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
·      Computer Security
Keamanan komputer atau dalam Bahasa Inggris computer security atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Computer security atau keamanan komputer bertujuan membantu user agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Informasinya sendiri memiliki arti non fisik.
·      Computer Network
Computer network atau jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

2.      E – Commerce dan M – Commerce :
·      E – Commerce
E-Commerce didefinisikan sebagai teransaksi jual beli yang dilakukan secara digital yang melibatkan dua orang dengan jaringan komputer khususnya internet.
·      M – Commerce
M-Commerce adalah bentuk evolusi dari E-Commerce yang diakibatkan perkembangan jaringan komputer dan perkembangan perangkat mobile.

Teknologi yang digunakan dalam penggunakan E-commerce dan M-commerce, yaitu :

·      Android/ iOS/ Windows Phone/ BlackBerry
Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry merupakan system operasi pada semua mobile phone yang ada pada saat ini. Masing- masing dari sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun pada dasarnya sistem ini banyak membantu penggunanya dalam melakukan kegiatannya setiap hari. Contohnya dalam transaksi jual beli secara online.
·      Net Field Communication (NFC)
Net Field Communication (NFC) adalah teknologi komunikasi nirkontrak yang menggunakan gelombang radio dengan cara menyentuhkan atau mendekatkan objek yang terkait dalam jarak dekat. NFC bisa digunakan sebagai saranan pembayaran yang mobile menggantikan kartu-kartu.
·      Cloud Computing
Cloud Computing (Komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

Pengguna E – Commerce dan M – Commerce.
Pengguna E – Commerce dan M – Commerce dibedakan menjadi 2 bagian yaitu perorangan dan corporate, penjelasannya adalah :



·      Perorangan
Contohnya adalah pengguna Line, mereka menggunakan Line untuk melakukan bisnis online shop disana. Selain Line, ada juga beberapa aplikasi atau layanan yang orang-orang sering gunakan sebagai sarana bisnis mereka seperti Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.
·      Corporate
Selain perorangan, ada juga perusahaan yang membuat layanan atau aplikasi untuk mempermudah proses transaksi jual beli, seperti Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya. Contoh lainnya, perusahaan yang membuat akun Facebook resmi guna mempromosikan produknya pada pengguna Facebook.

Referensi :
·   Eka Pratama. I Putu Agus. Komputer dan Masyarakat, Informatika Bandung 2014 ( Bab 6 : E-commerce).
·      Wikipedia
·      Pengertian NFC pdf

Komentar

Post Populer