REVIEW 3 PRODUK OVER THE TOP (OTT) KARYA ANAK BANGSA

Nama              : I Kadek Owen Nirvana Kaskora
NIM                : 1605551115
Mata Kuliah   : Aplikasi Sosial Media
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Jurusan Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana

REVIEW 3 PRODUK OVER THE TOP (OTT) KARYA ANAK BANGSA

 




Pada artikel sebelumnya, saya membahas mengenai sosial media dan sosial network, nah pada artikel ini masih ada hubungannya dengan sosial media dan sosial network. Ada 4 penerapan sosial media dan sosial network, diantaranya:


1. Social Media dan Social Network pada bidang Bisnis.

2. Social Media dan Social Network pada bidang Pemerintahan.

3. Social Media dan Social Network pada bidang Pendidikan.

4. Social Media dan Social Network pada bidang Profesi.


Dalam artikel kali ini saya akan me-review aplikasi sosial media karya anak bangsa. Saya rasa anak muda bangsa Indonesia mulai bisa membuat suatu terobosan bagi negara Indonesia, contohnya adalah dalam hal teknologi. Mereka mampu membuat suatu aplikasi yang berguna untuk menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya sehingga menimbulkan suatu interaksi sosial di dunia maya. Berikut adalah riview dari beberapa aplikasi karya anak bangsa.

   QLUE


Qlue adalah media sosial yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan informasi teranyar di lingkungan kita sekaligus membantu meningkatkan kondisinya. Kita semua tentunya menginginkan lingkungan yang aman, damai, bersih, berkelanjutan, serta efisien. Dengan begitu, kualitas hidup kita juga dapat ditingkatkan. 



Qlue tersedia dalam bentuk aplikasi Android, iOS dan situs. Di sini, Anda dapat membuat akun Qlue atau masuk menggunakan akun Gmail atau Facebook. Fungsi utama dari Qlue adalah untuk menyampaikan keluhan masyarakat pada pemerintah.
Salah satu hal yang saya sukai pada versi desktop dari Qlue adalah karena saya dapat melihat laporan didasarkan pada kategori tertentu misalnya terpopuler, terbaru, dan terdekat. Selain itu, ada fitur yang disebut dengan Peta. Di sini, Anda dapat melihat masalah yang dilaporkan ada di lokasi mana. 

KASKUS






Kaskus adalah rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang mereka butuhkan. Jutaan orang menggunakan kaskus untuk mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik.








Kaskus terbagi kedalam dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB).
Kaskus Forum App adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal dan kerap memberitakan informasi secara mendalam dan unik yang tidak bisa ditemukan di portal-portal berita lain.
Pendapat saya tentang kaskus adalah :
1.      Semua tersedia dan komunitas aling bantu.
2.      Semua ada di kaskus.
Dalam forum Kaskus member bebas menulis Thread apapun. Kaskus menyediakan banyak imot icon yang berwarna, bergerak, beragam dan sangat menarik untuk ditambahkan ketika kita menulis thread ataupun menulis komentar. Pada komentar juga terdapat fitur Quote dan Multy Quote yg memudahkan dalam penulisan komentar.
Selain itu Kaskus juga memiliki beberapa kekurangan seperti masih banyak terdapat junker yang cukup mengganggu. Keamanan dan kenyamanan pada forum jual beli (FJB) juga masih kurang dibandingkan dengan aplikasi jual beli lainnya.

SEBANGSA


 
Sebangsa adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk seluruh warga negara Indonesia, di-desain untuk memiliki cukup fleksibilitas untuk digunakan untuk berbagai kebutuhan individu, kelompok kecil maupun komunitas atau organisasi yang besar, dari pelajar hingga profesional di berbagai daerah di Indonesia.



Sebangsa mengusung konsep launcher untuk urusan navigasi aplikasinya. Saat ini Sebangsa hadir untuk platform iOS dengan janji ketersediaan di platform Android di masa mendatang.
Ada beberapa fitur sebangsa yang saya ketahui ;
1.      Sebangsa 911
Di Sebangsa911, pengguna bisa memantau kejadian yang terjadi di sekitarnya. Sebangsa911 menyediakan informasi kontak berbagai instansi seperti Basarnas, PLN, dan Pemadam Kebakaran.
2.      Sebangsa 1800
Sebangsa1800 hadir melengkapi aplikasi Sebangsa sebagai portal pengaduan keluhan bagi konsumen. Konsumen tak hanya dapat melakukan pengaduan, tapi juga mampu menyampaikan saran, pertanyaan, atau diberi kesempatan mengulas sebuah produk atau layanan.
            Tapi untuk fitur yang saya sebutkan diatas, loading masih lambat untuk memuat daftar kontak darurat  menimbulkan ketidaknyamanan karena informasi ini seharusnya didesain untuk mudah diakses ketika dibutuhkan. Juga dalam fitur ini adalah tidak adanya informasi yang jelas tentang bagaimana aduan yang dilakukan melalui Sebangsa1800 dapat ditindaklanjuti oleh penyedai jasa/produk. Seperti pengalaman di fitur sebelumnya, aplikasi ini kembali crash saat saya mencoba menjelajahi Sebangsa1800. Tapi ada hal menarik yang saya sukai yaitu konsep yang menarik dan layanan yang luas membuat Sebangsa menjadi pilihan alternatif yang menarik ketika bersosialisasi di dunia maya.

Komentar

Post Populer